ING KUTHO MADHIOEN

Welcome di komunitas SMPN 2 Kota Madiun

4 JAM HUJAN DERAS,TANGGUL KALI BENGAWAN MADIUN LONGSOR!!!

Sabtu, 25/04/2009 12:43 WIB
Digerus Arus, Tanggul Bengawan Madiun Longsor
Reporter : Ajun Ally

Madiun – Tanggul sepanjang kurang lebih 500 meter dengan ketinggian 5 meter terletak di RT 6/RW 01, Desa Bagi, Kecamatan Kota, Madiun, longsor. Bahkan, bagian bawah plensengan yang terbuat dari susunan batu kali itu sudah ambrol atau rusak parah.

Sedangkan bagian bawah pondasi plensengan, terdapat lubang menganga besar hingga terbentuk gorong-gorong. Akibatnya, arus Bengawan Madiun dari arah barat terpusat di tikungan tanggul yang di atasnya terdapat pemukiman penduduk.

Ambrolnya plensengan dan tanggul Bengawan Madiun longsor tersebut, membuat ratusan Kepala Keluarga (KK) yang menempati rumah tidak jauh dari bengawan itu, selalu was-was. Mereka khawatir tanggul yang berada di belakang rumahnya jebol sewaktu-waktu.

“Setiap hujan besar seperti tadi malam, kami tidak bisa tidur dan kaum laki-laki memilih memantau ketinggian debit air,” jelas Mudjiono (50), warga RT 06 Desa Bagi, Sabtu (25/4/2009).

Menurutnya sebelum tanggul terbuat dari tanah itu longsor, plensengan yang ambrol dihantam arus Bengawan Madiun sudah dilaporkan ke Pemkab setempat. Namun, hingga plensengan tersebut rusak parah, belum mendapat perbaikan.

Akibatnya, plensengan terbuat dari batu sepanjang 500 meter itu, bersamaan banjir Desember 2008 lalu, kembali dihantam arus Bengawan Madiun. “Kini, plensengan batu dan tanggul tanah semakin rusak parah,” terangnya.

Ia mengatakan bila pemerintah tidak segera memperbaiki atau membangun plensengan yang permanen, dikhawatirkan arus Bengawa Madiun dari arah barat akan mengantam pemukiman penduduk.

“Karena ketebalan tanggul tanah ini, semakin hari berkurang akibat tergerus arus Bengawan Madiun. Apalagi, kalau hujan deras, air semakin naik dan dikwatirkan akan mengantam tanggul yang sudah rusak ini,” tandas Mudjiono, lagi. (jun/eda)
sumber:portal beritajatim.com

April 25, 2009 - Posted by | info Madiun

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: